Senin, 12 Desember 2016

Rule based System (Basis Pengetahuan (Bagian 2))

Rule based System Adalah suatu cara untuk menyimpan dan memanipulasi data pengetahuan untuk menyediakan informasi yang berguna. Bentuk ini digunakan apabila kita memiliki sejumlah pengetahuan pakar pada suatu permasalahan tertentu, dan pakar dapat menyelesaikan masalah tersebut secara berurutan. Disamping itu, bentuk ini juga digunakan apabila dibutuhkan penjelasan tentang langkah-langkah pencapaian solusi.

Jikalau ingin membuat Rule Based System untuk masalah tertentu, maka anda harus memiliki:
  1. Sekumpulan fakta untuk mewakili pekerjaan yang nantinya akan dilakukan.
  2.         Sekumpulan fakta.
  3.       Sebuah kondisi yang menentukan bahwa solusi telah ditemukan atau tidak ada satupun yang exist.
Keuntungan Rule Based System:
  1.              Modularity
  2.       Uniformity
  3.            Naturalness
k    Kerugian Ruled Based System:
  1.      Infinite Chaining
  2.      Possibility of Contraditions
  3.      Inefficiency
  4.      Opacity
  5.      Complex Domains

Case Based Reasoning dilakukan pada penalaran berbasis kasus (cases), basis pengetahuan berisi solusi-solusi yang telah dicapai sebelumnya, kemudian akan diturunkan suatu solusi untuk keadaan yang terjadi sekarang (fakta yang ada). Bentuk ini digunakan apabila user menginginkan untuk mengetahui lebih banyak lagi pada kasus-kasus yang hampir sama (mirip). Selain itu, bentuk ini juga digunakan apabila kita telah memiliki sejumlah situasi atau kasus tertentu dalam basis pengetahuan atau dapat diartikan pengetahuan direpresentasikan dalam bentuk kesimpulan kasus.

Case-Based Reasoning (CBR) terdiri dari atas empat langkah utama, yaitu:
  1. Retrieve : yaitu mengambil kembali permasalahan yang sama. Pada langkah ini dilakukan  proses pencarian atau kalkulasi dari kasus-kasus yang memiliki kesamaan.
  2.  Reuse : yaitu menggunakan kembali informasi dan pengetahuan dalam kasus tersebut untuk  mengatasi masalah baru. Pada langkah ini dicari solusi dari kasus serupa pada kondisi sebelumnya  untuk permasalahan baru.
  3. Revise : yaitu meninjau kembali solusi yang diberikan. Pada langkah ini dicari solusi dari  kasus serupa pada kondisi sebelumnya  untuk permasalahan yang terjadi kemudian.
  4. Retain : yaitu mendalami bagian dari pengalaman sebelumnya untuk digunakan dalam  pemecahan masalah berikutnya.
Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar