Senin, 12 Desember 2016

Basis Pengetahuan (Bagian 3)

Basis Pengetahuan (Bagian 3)

Frame Based Knowledge
Model   representasi   bingkai   (frame    based   representation)   adalah    salah    satu representasi  pengetahuan  yang  dipakai  untuk  menyimpan  pengetahuan  dan  fakta  mengenai subyek  tertentu.  Model  ini  didukung  oleh  OKBC  yang  dapat  memfasilitasi  interoperabilitas antar basis pengetahuan.[Fridman, 2000]

Representasi pengetahuan dengan bingkai:
1.      Frame
Sebuah  FRS  mengelola  pengetahuan  dalam  gaya yang berorientasi objek.  “object  oriented”,  dimana fakta akan dihubungkan  dengan  obyek  yang  disebutkan  dalam  fakta dalam sebuah frame.  Frame  adalah  obyek  dimana  fakta saling dikaitkan. Frame membutuhkan nama,  yang kemudian FRS memelihara pemetaan dari nama  obyek  frame. Frame  ini  tercatat  sebagai  entitas  dalam  dunia  konseptual.  Frame tersimpan secara terbatas dalam basis pengetahuan.

2.      Slot
Slot  adalah  pemetaan  dari  frame kepada  himpunan  dari  nilai. Slot  juga  dikenal  dengan  nama.

3.      Classes and Instances
Classes and instancesClass  adalah  himpunan  dari  instance,  dimana  disebut  dengan  instance  dari  class. Sebuah entitas dapat menjadi instance dari banyak class, dimana disebut dengan tipenya, dan sebuah class dapat menjadi type dari banyak class. 

4.      Slot Value Inharitance dan Default
Slot   adalah   pemetaan   dari   sebagian   frame   ke   himpunan   nilai. Tetapi   karena modularitas dan alasan lain FRS mengizinkan satu slot untuk mendeskripsikan himpunan dari pemetaan untuk semua instance dari class.

5.      Facets

Facets  adalah  keterangan  dari  slot. Facet  memiliki  nilai  yang  sama  dengan  nilai  slot.

Object Based Knowledge
Adalah sebuah sistem yang dirancang untuk membentuk basis pengetahuan dengan bentuk objek dan kelas. Karena system ini bekerja dengan dasar objek dan kelas yang sangat ekspresif, layanan system ini lebih cocok untuk meneyediakan representasi sistem berbasis pengetahuan. Namun sistem ini sulit untuk diterapkan dengan benar.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar