Senin, 12 Desember 2016

Mesin Inferensi

Mesin Inferensi

Inferensi merupakan proses untuk menghasilkan informasi dari fakta yang diketahui atau diasumsikan. Inferensi adalah konklusi logis (logical conclusion) yang merupakan imlikasi berdasarkan informasi yang tersedia. Pada sistem pakar proses inferensi dilakukan olehsuatu modul yang dinamakan mesin inferensi (inference engine). Pada komponen ini terkandung suatu mekanisme pola pikir yang digunakan oleh seorang pakar dalam memecahkan masalah.
Mesin inferensi adalah modul yang merangkaikan basis data untuk menjadi sebuah kesimpulan. Mesin inferensi ini yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan kepada komputer. Data yang diambil dari basis pengetahuan diambil berdasarkan masalah apa yang akan diselesaikan oleh komputer, dan metode yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah itu pun akan berbeda-beda sesuai dengan pokok masalah. Jika masalah yang diberikan tidak dapat diselesaikan maka masalah tersebut akan disimpan ke dalam data.
Hasil pemrosesan yang dilakukan oleh mesin inferensi dari sudut pandang pengguna yang bukan pakar berupa konklusi yang di rekomendasikan oleh sistem pakar atau dapat juga berupa penjelasan jika memang dibutuhkan oleh pengguna. Untuk meningkatkan kemampuan sistem  pakar,  pada  sistem  tersebut  harus  dapat  dilakukan  proses  pembaharuan  pada  basis pengetahuan (knowledge base)  dan penyempurnaan pada mesin inferensi (inference engine) sehingga solusi yang dihasilkan lebih baik daripada sebelumnya [Hartati dan Iswanti dalam Kamsyakawuni].
Ada dua metode inferensi yang digunakan dalam sistem pakar yaitu Forward Chaining (runut maju), dan Backward Chaining (runut mundur) yang akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

Sumber:
            Kamsyakawuni Ahmad. 2012. Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Hipertiroid dengan Metode Inferensi fuzzy Mamdani (Tesis), Semarang: Universitas Diponegoro.
Kusrini. 2006. Sistem Pakar: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23487/4/Chapter%20II.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar